Kapal Othok-Othok


Sekian puluh tahun lalu, saat saya masih kecil, mainan kapal othok-othok (begitu biasa disebut) ini lumayan populer. Biasanya mainan ini hanya ada pada saat menjelang Lebaran. Dijajakan ditengah keramaian pasar malam, dan biasanya selalu menarik perhatian anak-anak, karena bunyinya yang berisik othok…othok…othok…

IMG_0249

Tadi pagi, saat saya menemani mamanya Stesha jalan-jalan ke GOR Bekasi, ternyata ada pedagang yang berjualan kapal othok-othok ini. Harganya hanya Rp 5,000.

Mainan itu masih sama seperti dulu, bentuk, warna dan desainnya.

IMG_0250

Akan bertahan sampai kapan ya mainan sederhana seperti ini???

13 thoughts on “Kapal Othok-Othok

  1. Hahaha, sebetulnya saya juga ngga tahu apa namanya, tapi di tempat saya orang-orang biasa menyebutnya seperti itu Put. Di tempat lain bisa aja berbeda orang menyebutnya.
    Btw, meski itu mainan sederhana, tapi jujur saja saya salut banget apa yg nyiptain mainan ini, meski sederhana tapi prinsip kerjanya itu lho, memanfaatkan perbedaan panas. Sepertinya Fisika banget deh..

    • Sebetulnya ngga terlalu susah jg nyarinya, asal ada pasar malam tradisional pasti ada deh. Hanya saja saya ragu pakde trainer masih mau jalan ke pasar malam tradisional begitu😆

      Memang iya, rada repot mengoperasikannya dan agak riskan karena menggunakan api..

    • Langka kalo di mall mas, kalo di pasar malem atau pasar dadakan macam di Stadion Bekasi, masih cukup gampang ditemui. Dulu memang terasa mahal mas, mungkin karena nilai uangnya sekarang ini sudah berkurang banyak, sehingga 5000 terasa murah..

  2. waaahh saya juga pernah tuh punya mainan kayak gini tapi itu dulu…..
    seru banget waktu itu dulu tetangga beli mainin ginian terus minta dibeliin sama si mamah, tapi eehhh ngga di beliin2 juga! alasannya waktu itu ngga ada uangnya buat beli mainan, fiuhh.. memang lagi masa2 sulit waktu itu.. tp tetep sabar… dengan akhirnya ada yang ngasih, hehe jandi pengen nagis..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s