Apa Alasannya Ya???


Setiap kali di jalan raya dan bertemu atau berpapasan dengan rombongan pelayat yang mengantar jenazah ke pemakaman, kesan yang selalu saya tangkap adalah mereka terburu-buru.

Begitu terburu-buru sehingga seolah-olah mereka layak mendapatkan prioritas utama di jalan, pengguna jalan yang lain harus minggir dan membiarkan mereka lewat terlebih dulu.

Layak diprioritaskan seperti terlihat jelas dari potongan bambu yang ditempeli bendera kuning yang diacung-acungkan ke pengguna jalan lain, kadang ditambah dengan tampang sedikit seram dan mata sedikit melotot, walaupun belum pernah saya melihat ada pengguna jalan lain yang kena gebuk (semoga saja tidak pernah ada).

Jujur saja saya selalu penasaran memikirkan alasan kenapa mereka selalu terburu-buru begitu.

Apa takut pemakaman keburu tutup kalo sampai mereka datang telat?

Sejauh ini saya tidak melihat ada urgensi dibalik sikap buru-buru itu, sayangnya saya juga tidak pernah berani untuk menanyakannya secara langsung kepada si meninggal kenapa pengantarnya selalu harus terburu-buru dan meminta prioritas di jalan raya seperti itu.

Paling-paling yang bisa saya lakukan hanyalah gondok dalam hati dan minggir tanpa banyak protes….

Barangkali anda ada yang tahu apa alasannya???

Please…tolong diinfokan ke saya biar suatu saat saya berpapasan dengan rombongan pelayat pengantar jenazah seperti itu, saya punya cukup alasan untuk dengan senang hati (dan tidak gondok lagi) minggir dan memberikan jalan buat mereka.

*ditulis setelah sehari sebelumnya sedikit kaget saat berkendara motor mendadak disuruh minggir dengan diacungi potongan bambu + bendera kuning

6 thoughts on “Apa Alasannya Ya???

    • # Puak : iyo yu, akhire aku memang ngikuti rombongan, walopun kadang ndak sengaja ngeduluin. Untungnya ndak ada yang melototin apalagi nggebuk pake bambu berbendera kuning itu..😆

  1. saya juga merasakan keterburu-buruan itu. namun kayaknya memang mereka memanfaatkan kesempatan untuk meminggirkan pejalan lain untuk menghindari macet
    dan yang kedua entah ini ada hubungannya atau tidak. memang dalam keyakinan islam, menguburkan mayat itu harus disegerakan.

    salam kenal
    nice 2 meet u

    • # kw : memang setau saya juga begitu, harus disegerakan, namun alasan itu tidak cukup kuat untuk mendapatkan prioritas di jalan. Lain halnya kalo itu mobil ambulance atau mobil pemadam kebakaran.
      Yang jelas sih memang hanya memanfaatkan kesempatan, atau dengan kata lain arogan.😆

  2. di kampungku gak gitu pulak.

    menurut aku sih mereka cuma ngambil kesempatan aja, kapan lagi sih bisa sok penting gitu hehhee emangnya pejabat aja yg bisa minggirin kendaraan ?!

    • # mercuryfalling : seperti yang seperti ini hanya di kota-kota besar saja, itupun setau saya hanya di Jabotabek. Di kampung saya ndak ada yang begini-begini, mungkin karena lalu lintasnya ndak sepadet di Jabotabek.
      yah, sepertinya memang sok penting yang jadi alesannya😆 dan sepertinya saya tetep punya alasan untuk selamanya sewot😆

Tinggalkan Balasan

