Netbook Advan Vanbook A1N70T [Alnect Komputer]


Dua tahun lalu, sebuah laptop ukuran 14,1″ sudah terasa cukup mungil dan ringan. Tapi kini (sesuai pengalaman saya) laptop seukuran itu mulai terasa besar dan berat. Apalagi memang sudah menjadi tren laptop yang ukurannya sangat mungil (netbook).

Di pasaran saat ini sudah cukup banyak betebaran bermacam merk netbook, salah satu yang menjadi incaran saya adalah netbook keluaran Advan seri Vanbook A1N70T.

advand A1N70T

Seri ini adalah ’adik’ dari seri sebelumnya yaitu Vanbook A1N70, secara spek keduanya sama persis, yang membedakan hanyalah seri ini tidak dibundling dengan Operating System apapun. Hal ini tentu berpengaruh pada harganya. Ya seri ini memang dibandrol sedikit lebih murah ketimbang ’kakaknya’ yaitu di kisaran 3.5juta.

Menurut saya sedikit lebih menguntungkan membeli netbook tanpa OS seperti ini, karena selain harganya lebih murah, user juga bisa bebas memilih menggunakan OS apapun (sekalipun mungkin bajakan :-P, tapi itu belakangan urusannya yang terpenting netbooknya kebeli dulu tho??? :mgreen: ).

Advan Vanbook A170T

Adapun speknya sudah ’standar’ seperti netbook, lainnya. Otak sudah dibekali dengan processor Intel ATOM N270 1.6 Ghz (533 Mhz FSB, 512 KB L2 Cache, 45 nm Technology), sedangkan urusan grafis mengandalkan INTEL 945 3D/2D Graphics Accelarator dimbangi dengan layar LCD WXGA (Wide) TFT 10.2 yang mampu menghasilkan resolusi 1024 x 600. Dan tentu saja netbook dengan ukuran 10.2″ tentunya menggunakan keyboard yang sudah mendekati ukuran standar. kombinasi ini tentu cukup nyaman dipakai untuk aktifitas browsing ataupun Office.

Ditambah lagi tersedia webcam built in 1.3 Megapixel, mendukung untuk aktifitas chatting.

Untuk memori, seri ini dipasang 1 keping 1GB DDR2 PC5300, dengan kapasitas penyimpanan data menggunakan Harddisk Sata 160GB, cukup gendut untuk bisa menampung banyak macam data.

Urusan komunikasi tersedia jenis 10 /100 Ethernet untuk koneksi menggunakan kabel, dan WLAN 802.11 B/G MiniCard module untuk koneksi Nirkabel. Sedangkan batre menggunakan jenis 11.1V/10.8V,2200/2400mAh(3S2P) 3 Cells, yang diklaim mampu memberikan catuan tenaga cukup lama. Ditambah bobot total yang kurang dari 1.5kg, tentunya akan membuat netbook ini cukup nyaman menemani nongkrong di “warung kopi“.

So, menurut saya netbook ini cocok untuk siapa saja yang kepengin keren (punya laptop mungil) tapi dana terbatas :mgreen:. Lagipula hampir semua netbook merek apapun itu menawarkan hal yang serupa, hanya merek dan harga yang membedakan. Merek yang populer tentunya menawarkan harga yang lebih mahal, padahal jeroan toh sama saja, jadi menurut saya lebih baik membeli netbook berdasarkan pertimbangan harga saja, mana yang lebih murah untuk fitur yang sama. :mgreen:.

Alnect computer Blog Contest

28 thoughts on “Netbook Advan Vanbook A1N70T [Alnect Komputer]

    • kalo ngga salah advan memang bermain di harga yang ekonomis mas. makanya saya ngincer sejak lama. tapi berhubung recehnya blom kekumpul ngreview aja dulu🙂

    • @ Raffaell & kucingkeren :
      masalah garansi, kalo belinya di Alnect mereka diwebnya ngasih info ini :
      Alnect Care Warranty : 180 Hari
      Standard Warranty : 1 Tahun

      Kalo di Jakarta, ada koq vancare di Mangga dua square.

  1. Untuk yang tidak tahu sama sekali seperti saya, ini sangat membantu sekali.
    Jadi saya ndak bingung lagi kalo mau beli, dah ada referensi, tapi benerkan tidak karena ikut kontes trus di apik2i.tak doain moga menang.
    Truss belinya yang murah dan pasti dimana?
    ada referensi lagi ga?

    • # westoh : halah pak, netbook yg ini emang sejak lama saya incer koq, bukan karena ikut kontest saya bikin review yg ngapik2i. Masalahe saya sering membandingkan spek netbook yg ada, semuanya sama isi jeroannya, yg membedakan hanya merk dan harganya. Dan Advan sejauh ini memang termurah. (saya ngincernya karena murahnya itu:mrgreen: )

      Kalo sampeyan beli PCmild edisi 11-24 juni 2009 ini, dihalaman belakang ada iklan Netbook ini. Menarik lho ada bundle Modemnya (meski harganya jadi nambah dikit).

      Kalo urusan beli (di Bekasi) saya sempet lihat ada banyak toko yg njual, di MM2 atau Bekasi Cyber Park. Harganya jg sama saja, paling beda di bonusnya.

  2. Saya paling suka ngeliat notbuk mungil dengan harga murah. Tp ini netboook ya. Dan murah. Bolehlah. Tp ada warna merah or pink gak…

  3. bagus ya… soale dgn harga semurah itu ngeri juga mas takut dah keluar duit banyak ntar ujung2nya malah kecewa…. btw makasih infonya bermanfaat banget neh. Lam kenal ya…

  4. Gw dah beli satu ni Netbook. Performa bagus apalagi diupgrade RAM-nya jadi 2 GB, modelnya juga lebih bagus dibanding Axioo Pico DJJ 615 cuma kalah di kapasitas hardisk aja (Axioo sudah 250GB)tapi harganya lebih mahal dibanding Vanbook. Sudah ada slot 3,5G, jadi nanti kalau modem 3,5 mini PCI sdh mulai murah bisa dipasang di dalamnya. Chipset Wifi dari Atheros, ok punya tu. Dah dicoba pake Ubuntu Netbook Remix 9.04 juga bagus tu tampilan desktopnya.

  5. Kyanya blh jg nh dilirik…lg bingung nh mo plh Netbook Advan Pink ini ato Axioo Pico Pink yh?? hrga beda dkit sh..tp kan yg pntg kualitas & manfaatnya yh??

    • wah mending dibandingkan speknya saja deh, misalnya untuk prosesornya apakah sama Atom N270 atau yg lebih baru N280.
      kalo harga beda dikit mending pilih yg speknya lebih tinggi.

  6. Klo speknya sh sama aja..paling beda dibatere & memori td kan?? Klo prosesornya msh sama,Atom N270. Gmn nh yg udh pake Advan / Axioo..ada mslh nggaa?? Klo model secara fisiknya…bagusan mana?? blm prnh lht aslinya nh..cm digambar aja..

  7. Klo speknya sh sama aja..paling beda dibatere & memori td kan?? Klo prosesornya msh sama,Atom N270. Gmn nh yg udh pake Advan / Axioo..ada mslh nggaa?? Klo model secara fisiknya…bagusan mana?? blm prnh lht aslinya nh..cm digambar aja.. Oiya..FYI : hrg skrg, Advan : 3jt pas (lg promo ktanya) & Axioo : 3,4jt. (Poin Square lbk bulus yaa)

  8. Saya baru 1 minggu menggunakan advan berwarna biru putih, kecil dan mantap lah buat kerjaan saya yg bukan berat2 buanget, hehe.. Oh iya saya mau ngingetin, ADVAN A1N70T-B itu ada bluetoothnya dngan sistem dari bluesoil, nah kalo ADVAN A1N70T itu belum ada bluetoothnya loh, jadi jangan sampe salah beli walaupun si penjual bilang bisa, cek dulu yah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s