Seandainya Itu Bukanlah Sebuah Keluhan…


Sejak kasus ’keluhan’ ibu Prita Mulyasari mencuat, sempat terbersit rasa takut untuk ’mengeluh’ tentang sesuatu menyangkut layanan publik di blog saya ini. :lol:

Tentu saja karena selama ini saya memang sering ngedumel tentang banyak hal yang tidak menyenangkan yang saya alami sehari-hari di blog saya ini, meskipun biasanya saya jarang menyebutkan nama orang atau instansi tertentu jika saya ngedumel.

Yang saya takutkan, namanya manusia, bisa jadi saya lupa dan tanpa sengaja mencantumkan nama orang atau Instansi tertentu, mungkin bisa berakibat fatal seperti yang dialami ibu Prita itu. Duh serem sekali…:???:

Perbedaan antara mengeluh, mengritik atau mencela dan mencemarkan nama baik, mungkin sangat tipis sekali. Terlebih jika yang dikiritik itu adalah orang atau instansi yang memiliki pengaruh (uang atau kekuasaan).

Jika yang dikiritik hanyalah orang-orang kecil, seperti tukang ojek yang ngebut, pedagang kakilima yang jualan sembarangan, supir angkot yang memotong jalan atau mungkin anda mengritik saya :lol:, semuanya tak akan terlalu menjadi masalah, meskipun cara mengritiknya sangat kasar (dengan memaki-maki), paling-paling yang terjadi hanyalah adu tegang dan balas memaki, paling parahnya (hanya) berantem.

Dari kasus yang dialami ibu Prita Mulyasari itu, saya jadi terpikir, bagaimana kejadiannya jika yang dilakukan ibu Prita bukanlah mengeluhkan layanan yang buruk melainkan memuji layanan yang sangat memuaskan dari rumah sakit itu, mengirimkan lewat email ke teman dan kenalannya, dan selanjutnya disebarkan orang lewat milis-milis.

Apakah pihak rumah sakit itu akan memberikan ’reward’ yang sepadan karena ibu Prita mengharumkan nama baik instansi tersebut dengan misalnya memberikan layanan VIP gratis untuk beliau dan keluarganya jika dirawat di sana? kemudian setelah sembuh dan keluar diberikan uang saku misalnya?

…???…

Yang saya tau dengan pasti, keluhan dan kritik dari konsumen selalu tak pernah menyenangkan, tapi kata orang..

Konsumen adalah Raja…

banner-prita-234x60

Seandainya saja memuji layanan publik akan mendapatkan ’reward’ yang sepadan, karena itu bisa diasumsikan sebagai bentuk Pengharuman Nama Baik, maka mulai detik ini, saya dengan senang hati ’memaksa’ seluruh keluarga saya, teman kerabat (dan pengunjung blog ini) untuk selalu memuji semua layanan publik yang ada sangatlah memuaskan (sekalipun jika harus sedikit berbohong yang penting semua senang, dan semua diuntungkan). :mgreen: :mgreen: :mgreen:

7 thoughts on “Seandainya Itu Bukanlah Sebuah Keluhan…

  1. takut sih wajar, tapi yg penting gimana caranya kita bisa tetep kritis tanpa kuatir terkena ancaman hukuman. lagian menurut saya dlm kasus ini rs omni tidak bertindak yg sepatutnya dng menerima dan menanggapi keluhan pasien secara langsung.
    boleh kritis asal bertanggung jawab kan🙂

  2. Definisi pencemaran nama baik dalam UU ITE pun sepertinya kurang siip, jadi banyak hal bisa dikategorikan pencemaran nama baik.

    Btw, saya heran kenapa hasil lab kok nggak boleh dilihat pasien yah, padahal kita yang bayar. Terakhir kalis aya cek darah ke RS, dokternya tidak menahan hasil labnya namun justru memberikannya setelah dia baca dan catat. Ini mengharumkan nama salah satu RS lho.

    *karena ndak dpt reward nama RS nya disamarkan:mrgreen: *

  3. hmmmm… mungkin bisa mas klo mo mengritik tapi bahasa “kiasan” …

    misale dengan memuji setinggi langit ditambah2i yang ga keruan…
    pokoke diumbul2ke lahhh nganti ra masuk akal…😆

    coba’en mas…:mrgreen:

  4. ah, aku akan tetap komplen kalo merasa dirugikan. kasus prita gak akan bikin aku stop ngomel2x hehehe Tapiiiiiii cara nulisnya aja yg di setir dikit. jangan bikin pernyataan, tapi pertanyaan.

  5. BREAKING NEWS !!!
    JAKSA AGUNG MEMERINTAHKAN MEMERIKSA PARA JAKASA YANG MENUNTUT PRITA, YANG MENURUTNYA
    TIDAK PROFESIANAL.

    TANGGAPAN KEJATI BANTEN ATAS PEMERIKSAAN JAKSA YANG MENUNTUT PRITRA:
    “Kita tidak berbicara siapa yang akan kemudian bertanggung jawab terhadap pembuatan …(BAP),yang penting, tapi siapa yang harus bertanggung jawab mereka yang melakukan tindakan pidana (PRITA). Saya berikan apresiasi kepada jaksa tersebut!!”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s