Tuhanpun Takkan Sanggup..


Ini kejadian beberapa bulan yang lalu. Saat itu dalam perjalanan pulang dari Bandung. Biasanya kalo di mobil, sekalipun capek saya jarang sekali tidur, karena kesian ama temen yang nyetir. Begitupun si boss, saat itu beliau engga tidur, lalu ngajakin saya ngobrol ngalor ngidul.

Saya cuma mendengarkan saja, sambil kadang menimpali sedikit.

Entah darimana ujung pangkalnya, beliau jadi cerita tentang keluarganya, anak dan orang tuanya. Selama ini boss saya ini memang sibuk sekali, teramat sibuk. Tapi di tengah kesibukannya itu, beliau masih berusaha menyenangkan orang-orang terdekatnya, hanya saja karena jadwal yang begitu padatnya, sehingga sering kali beliau terpaksa membatalkan janjinya dengan anak ataupun keluarganya.

Sudah seringkali anaknya ngamuk karena sudah jauh-jauh hari ingin ditemani papanya di acara ini itu di sekolah, tapi terpaksa batal karena boss ada janji lain yg terpaksa tidak bisa dicancel. Lama-kelamaan beliau merasa bersalah dan menyesal karena semua itu.

"Padahal saya ingin banget menyenangkan semua orang di sekitar saya, terutama anak-anak saya…" kata si boss…Nadanya terdengar sedih.

Saat itu saya cuma tersenyum dalam gelap lalu menyahuti keluhan boss saya itu, "Jangankan manusia, Tuhan sendiripun tak pernah bisa menyenangkan hati semua orang…

Kata-kata bijak yang pernah saya baca di bukunya de Mello itu ternyata cukup berefek ke boss saya, sejenak dia diem sepertinya memikirkan kata-kata saya itu.

"Iya ya..,katanya beliau,"Tuhanpun tak sanggup menyenangkan hati semua orang…"

Suara boss saya terdengar lega, plong…😀

*Tuhan yang mahakuasa menurunkan hujan yang sama, yang di suatu tempat hujan itu teramat disyukuri oleh para petani, sedang di tempat lain hujan itu menimbulkan kesedihan (juga kemarahan) karena menggenangi segala sesuatu (banjir)…

19 thoughts on “Tuhanpun Takkan Sanggup..

  1. gak setuju mas…:)
    Manusia lah yg menganggap sesuatu itu tidak adil, misalnya hujan, manusialah yg punya banyak keinginan, ada yg pengin ujan tp jg ada yg pengin panas, jadi dia ngerasa Tuhan tidak adil pada dirinya.
    Allah itu MAHA ADIL….
    Allah sanggup melakukan apapun, bahkan yg manusia anggap paling mustahil dilakukan.

  2. Dulu aku pernah dan sempat menganggap Tuhan itu ngga adil & ngga mampu membantu aku keluar dari masalahku. Dan di saat itu ada seseorang (entah itu sapa karena aku ketemunya di mimpi)yg bilang bahwa aku kurang bersyukur dan harusnya akulah yang menolong diriku sendiri. Tuhan mampu koq bantuin kamu tapi kalau kamu dibantuin terus kapan kamu bisa naik kelasnya, kata orang itu di mimpiku. Sejak itu aku ngga pernah anggap Tuhan ngga mampu,mas.😀

  3. Terkadang manusia menilai sesuatu dari sudut persepsinya sendiri…

    Padahal Tuhan adalah Dzat yang Maha Kuasa..Maha Mampu…Manusialah yang tidak mampu dan makhluk yang lemah…dan kita akan menyadarinya…perlahan atau bahkan detik ini juga

  4. Mas hary,
    Bener sekali. saat kita terlalu memaksakan diri, kita harus ingat pada Tuhan. Biasanya dengan pasrah dan ikhlas, akan lebih plong… Insya Allah..

  5. # M Shodiq Mustika :😀 makasih juga pak.

    # zefka & Retie : ah saya ngga bermaksud mengatakan tuhan tidak adil koq,juga bukan ingin menyalahkan tuhan. Saya hanya ingin menggambarkan bahwa hati manusia itu teramat kompleks dan rumit. Sehingga sesuatu yang merupakan anugrah buat seseorang belum tentu merupakan anugrah juga buat yg lainnya.😀

    # achoey :😉 sepertinya sampeyan lebih tau daripada saya😉

    # almascatie : beliau merasa plong karena sebelumnya emang tertekan, dan merasa gagal membahagiakan semua orang😀

    # p u a k : hehehe, biasane ra karu-karuan yo?:mrgreen:

    # neng fey : ya begitulah neng…😀

    # casual cutie : betul, makanya lakukan saja yg terbaik yg kita bisa…

    # Rian Xavier : tau juga dirimu:mrgreen: ini memang untuk menghibur diri koq, karena ada banyak orang merasa stress karena mereka bukan superman..😀

    # syelviapoe3 : bener, ini memang sudut pandang saya koq Put, kalo dirimu punya sudut pandang lain dan berbeda dengan saya, itu bagus. Karena tuhan memang menciptakan perbedaan😀

    # reallylife : betul bang Said, memang itu yg harus kita lakukan, melakukan segala sesuatu yg terbaik yg kita bisa lakukan.

    # Ndoro Seten : leres sanget ndoro.

    # zee : iya, memang begitulah seharusnya, tak harus berusaha menjadi superman karena kita memang bukan superman😀

    # mercuryfalling : doooh koq jadi urusannya ke toket ya mak?:mrgreen:

    *eh masa iya sih kanan kiri beda ukuran?:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

