Firasat


Dulu saya sama sekali tidak percaya dengan sesuatu yang disebut firasat. Saya pikir itu adalah takhayul karena mengait-ngaitkan kejadian misalnya mimpi dengan kejadian nyata.

Tapi kali ini saya ngga ngerti apakah yang kali ini terjadi adalah sebuah firasat atau hanya sebuah kebetulan belaka.

Beberapa waktu lalu, kira-kira dua minggu lalu saya bermimpi gigi atas saya copot. Biasanya saya itu jarang sekali bermimpi, kalopun bermimpi biasanya saat bangun saya langsung lupa, tapi kali ini sampai terbangun mimpi itu masih teringat dengan jelas.

Karena penasaran, iseng saya coba googling mencari arti mimpi, dan menemukan situs primbon. Dan dari situ saya mendapat info bahwa mimpi tentang gigi atas copot berarti akan ada keluarga yang lebih tua (orang tua) yang akan meninggal (kalo ngga salah, retie di salah satu postingnya juga pernah menulis tentang ini).

Jujur saja sebetulnya saya masih agak ragu, apakah mimpi saya memang berarti demikian. Lagipula karena arti mimpinya kurang baik jadi saya cenderung tidak mempercayainya (coba saja seandainya artinya bagus, pasti deh saya langsung percaya :mgreen:).

Karenanya, di lain waktu saya masih mencoba meyakinkan diri apakah arti mimpi itu memang bener seperti itu adanya. Dan kebetulan saya punya teman yang memang mendalami Kejawen, ternyata jawabnya sama, mimpi itu memang artinya akan ada keluarga yang meninggal….

Beberapa minggu berlalu, tak ada kejadian apa-apa. Saya sudah hampir menganggap mimpi itu sudah tak berarti lagi…

Kemarin sore, kakak saya menelepon dan bercerita bahwa ibu mertuanya saat itu sedang kritis dirawat di ICU, informasi terakhir dari dokter, jika peralatan medis yang ada dilepas, bisa dibilang ibu sudah pasti akan dinyatakan meninggal..

Dan saat saya ceritakan mimpi saya, kakak saya berpendapat bahwa itu mungkin sebuah firasat…

Pagi tadi, adik saya mengabarkan ibu mertua kakak saya meninggal..

Sebuah kebetulan? atau memang firasat?

Saya tak tau…

Saya hanya bisa mengharapkan beliau pulang dengan tenang dan diterima di sisiNya…

6 thoughts on “Firasat

  1. Aku tuh pernah baca..sesuatu yang terlalu kita percayai biasanya kejadian. Gak tahu efeknya dari mana.
    Tapi buatku, kalau hal2 gituan mending gak usah dipercaya. Think positive aja..
    Kalau benar kejadian, itu juga bukan karena firasat itu benar, tapi ada sesuatu kenapa itu kejadian.
    Halah.. kok jadi gurui..

    Derek langkuuung….😀

  2. # p u a k : ngga usah percayanya karena apa yu? kalo saya justru mulai mempercayai karena itu salah satu ajaran warisan leluhur je…
    Bukan perkara gampang tho para leluhur dulu ‘menciptakan’ pemikiran mengenai hal-hal seperti itu.

    Lagipula ngga ada salahnya to mempercayai sistem deteksi dini natural (mimpi) ini 😀 setidaknya kita bisa bersiap-siap dan lebih berhati-hati.

    Tapi saya setuju koq mesti think positive.😀

  3. Kalo aku selalu menuruti firasat/feeling … biasanya seh kejadiannya ngak jauh-jauh dari tebakannya.

    Saudara2ku bilang harus diasah karna aku berbakat … duh bakat jadi dukun…wakakakak … sayang aku hanya suka ngakak.

    BTW, ikut berduka cita semoga arwah ibu mertua diterima disisi-Nya.

  4. Tulisan yg sangat menarik
    Saya pribadi percaya karena pengalaman pribadi
    Kalau saya ada firasat buruk, biasanya saya byk berdoa dan berbuat amal. Hasilnya hal2 buruk pun hilang, kadang2 masalah besar jadi kecil. Tuhan itu maha esa…

  5. # mercuryfalling : hihihi, untung saja saya ngga ngalami yg begitu, cm mimpi saja.

    # juliach : Semacam sistem peringatan dini gitu donk ya? iya kata temen saya juga emang mesti diasah (apalagi kalo niat mo adi dukun:mrgreen: )
    Makasih mbak..

    # Ang : Betul, emang sebaiknya begitu, harus lebih mendekatkan diri ama Tuhan, setidaknya kalo emang ada kejadian buruk jadi bisa lebih sabar menghadapinya.

Tinggalkan Balasan

