Pizza Betawi


Kerak TelorSelama kurang lebih 10 tahun merantau di Jakarta (Bekasi sebetulnya di luar Jakarta, tapi karena jaraknya tak begitu jauh, terkadang orang tetep menyebutnya Jakarta juga ), belum pernah sekalipun saya mencicipi penganan khas Betawi yang satu ini, Kerak Telor.

Mungkin karena memang sudah sangat susah menemukannya. Tapi kali ini, sepertinya karena bertepatan dengan Jakarta yang memperingati HUTnya (ke-481), di deket tempat tinggal saya di Bekasi mendadak ada tukang jualan kerak telor itu. (biasanya kalo ngga salah penganan ini hanya dapat dengan mudah ditemukan di arena Pekan Raya Jakarta saja).

Daripada penasaran, sabtu sore kemarin saya sengaja membeli dua porsi. Satu pake Telor ayam, satu lagi telor bebek.

Kerak Telor1Cara masaknya unik banget, beras (sepertinya direndam terlebih dulu) dipaparkan merata pada wajan kecil yang sudah agak panas, kemudian ditambahkan telor. Tapi bukan masakannya dibalik seperti menggoreng telor, justru wajannya yang dibalik dan dihadapkan pada bara arang sehingga sisi atas kerak telor juga menjadi matang.

Setelah matang, sebagai topping ditaburkan srundeng dan bawang goreng.

Rasanya, jujur saja terasa aneh buat lidah saya, sama anehnya saat dulu pertama kali makan pizza.

btw; meski rasanya aneh tapi ini makanan khas Betawi dan mesti dilestarikan biar ngga punah .

14 thoughts on “Pizza Betawi

  1. Waduh… saya yang blom makan malam jadi lapar liatnya, kebayang martabak telor di kampung asal saya😀

    Iya. Kemarin di tipi sempat liat itu pas hari jadi kota Jakarta, gimana pembuatan Pizza… eh, Kerak Telor itu😀

    Saya jadi mikir lho… kapan kita bakal gantian menginvasi selera negeri-negeri yang sudah menginvasi selera kita dengan Kentucky, MacDonalds sampai Sashimi dan Fetuccini itu?😕

    Saya yakin kalo kita bisa mengglobalkan masakan khas negeri ini sebenarnya🙂

  2. # alex® : seperti masakan Padang udah mampu diekspor tuh.😀

    # itikkecil : iya, makanya sekalipun cuma nyobain, saya langsung beli dua porsi kerak telor ini:mrgreen: (sayang akhirnya ngga sanggup menghabiskannya:mrgreen: )

    # ulan : kalo buat saya seaneh saat pertama kali mencicpi Pizza, tapi sepertinya setelah beberapa kali mungkin jadi enak dan ngga aneh lagi😀

    # Syelviapoe3 : hehehe, ngga apa belom pernah, saya juga baru kali ini koq😀

    # Ndoro Seten : mangkanya ndoro, sekali-sekali jalan-jalan ke PRJ nonton Jakarta Fair sekaligus berburu kerak telor di sana😀

    # neng fey : O mungkin itu kali ya, wong saya belinya cuma di deket rumah, mungkin kalo beli yg di PRJ lebih enak rasanya.

    # tukangobatbersahaja : iya emang langka, makanya sejak merantau 10th yg lalu, baru kali ini nemu di dekat rumah (soalnya saya belum sekalipun dateng ke Jakarta Fair:mrgreen: )

    # hanggadamai : boleh, ke sini aja kalo mau (dan mudah2an hangga masih beruntung:mrgreen: )

    # Indahjuli : banyak yg nyari karena banyak yg nyebutin makanan itu udah langka, jadi banyak yg penasaran (kaya saya😀 )
    Tapi ada bagusnya jg seandainya kuliner asli Indonesia tetap bisa bertahan dan mungkin bersaing dengan makanan import.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s