Dugaan Saya Tentang Customer itu…


customer itu rajaSenin siang kemarin, setelah puluhan complain yang bertubi-tubi dari customer yang mulia itu, saya di ajak boss untuk berkunjung ke kantor customer itu. Mungkin daripada berlarut-larut dan hanya membuat emosi kami semua meledak, lebih baik di kunjungi saja, sekalian klarifikasi masalah sebetulnya apa, begitu pikir boss.

Agak deg-degan juga sebetulnya, tapi apapun yang bakal terjadi, saya sependapat kalo harus segera diklarifikasi masalahnya.

Tiba di sana, sesosok pria setengah baya, menyambut kami. (Dari rombongan, hanya saya yang belum pernah ketemu dengan beliau yang terhormat itu). Setelah sedikit ngobrol tentang masalah yang sebelumnya, dan ternyata memang secara teknis, beliau beserta staff (yang kebetulan adalah anak lelakinya) adalah seorang yang sangat expert. Saya akui mungkin jauh di atas saya .

(Hanya saja yang membuat heran adalah, kenapa complaintnya begitu ya?)

…2 minggu dipelajari, hasilnya NOL. Karena seperti orang buta disuruh melihat gajah!!

Saya sengaja, tidak ingin banyak berkomentar, saya hanya bilang bahwa, apa yang dia dan stafnya kerjakan, sudah sangat hebat. Itu saja.

Selanjutnya, ada sekitar 30 menitan, beliau mengkritik "attittude" saya, juga staff kami yang lain… Ada banya hal yang beliau sampaikan (dengan bahasa yang sebetulnya sedikit menyinggung) tapi apapun itu, kami hanya mendengarkan saja, sambil sesekali mengiyakan, tanpa sekalipun mencoba membantah sekedar untuk membela diri.

Setelah, segala unek-uneknya keluar, terlihat beliau menjadi jauh lebih bersahabat dan sebetulnya secara teknis, semestinya tak ada masalah sama sekali.

Jadi dugaan, bapak itu hanya seorang yang butuh diperhatikan saja, butuh sebuah pengakuan bahwa beliau dan staffnya adalah seorang yang sangat Expert. Mungkin selama ini sama sekali tidak ada yang mengakui atau memuji kemampuannya.

* aih..saya sudah seperti seorang ekspert saja dalam menangani karakter manusia

gambar diambil dari sini

11 thoughts on “Dugaan Saya Tentang Customer itu…

  1. # itikkecil : hihihi, bisa dibilang begitu mbak, wong beliau sempet bilang (dengan nada sangat bangga) bahwa apa yg dikerjakan itu adalah pekerjaan yg sudah selama 2 th sama sekali tidak bisa dikerjakan orang lain di Indonesia.
    Wow bukankah itu amat sangat hebat?😀

  2. Kemampuan mendengar, itu yang katanya kurang dimiliki sekarang ini😀
    Belajar untuk berbicara, ada. Belajar untuk menulis, ada. Tapi, bagaimana dengan mendengar?
    Susah juga yak, mas? hehe

  3. # goop : iya paman, kebanyakan orang lebih sering berkata ketimbang mendengarkan. dari pengalaman ini saya jadi belajar untuk mendengarkan, meski memang susah karena mau ngga mau harus mengesampingkan ego kita sendiri. Tapi setau saya, orang-orang yg hebat & sukses kebanyakan adalah pendengar yg baik.

  4. YA …
    Setuju mas Hari …
    Customer itu raja (tapi amat sangat) manja.
    Kadang tinggal nongol … siapin kuping … siapin mental …
    Persoalan bisa selesai …
    Apa lagi perusahaan keluaraga macam itu …

    Kadang hanya mendengarkan saja … solusi bisa didapat bersama …
    tanpa kita melakukan kerja apa-apa …
    (kadang kita dibayar … untuk mendengarkan)

  5. # donald56 : pekerjaan saya? hanya karyawan biasa koq mas, hanya saja saya di bagian teknikal suport software (kantor saya mengageni salah satu software CADCAM), kadang memberikan training ke customer.

    # nh18 : sip pak trainer, awalnya saya sempet sangat sebel dengan customer itu, komplen koq ngga manusiawi amat, sampai dua malem saya mikir mesti gimana ngadepinnya, eh ternyata simple saja. Cukup dengerin saja apapun perkataannya tanpa perlu membantah, kalo perlu sesering mungkin menyanjung😀
    Dan hasilnya ternyata hebat😀

    # ulan : yup memang, customer & Customer Service memang mesti saling melengkapi dan bekerja sama.

  6. wah sy belum pernah tu berhadapan dengan klien seperti itu. Namun bila suau hari terjebak dalam situasi yg sama, sy akan ngikuti skenario kamu : tunduk, diam, tidak membantah dan sekali seklai mengiyakan (walau menggerutu dalam hati hahaha🙂

    sori yah udah lama ngak kemari🙂

Tinggalkan Balasan

