Adakah Sesuatu yang Bisa Membuat Download Itu Menyenangkan??


Beberapa hari lalu saya menerima balasan dari email yang saya kirim ke engineer yang lebih expert di luar negeri sana kemarin sore sebelumnya. Serasa mendapat sedikit angin segar, karena email menjawab beberapa trouble pekerjaan saya.

Segera attachment saya download, dan selanjutnya saya buka dengan applikasi Cad/Cam di leptop saya, taaa daaa……………

Ternyata tidak bisa dibuka , Software yang terinstall di leptop versinya lebih rendah ketimbang yang dipakai mr.expert itu. File yang dikirimkan ke saya, mustahil bisa dibuka, cara satu-satunya saya harus menggunakan software dengan versi yang sama atau lebih tinggi.

Akhirnya daripada file itu ngga berguna (lagipula memang sudah waktunya softaware Cad/Cam saya diupgrade), saya dibantu teammate saya azzy, mencoba mendownload Installer versi terbaru dari FTP server. Sebuah kegiatan yang penuh resiko serta membosankan, mengingat file installer yang mesti di download itu sebesar 600an Mb (meski telah dipecah menjadi file-file kecil, tapi tetap saja ukuran / filenya masih 10Mb) belum ditambah koneksi yang tidak stabil. Bener-bener sebuah perjuangan…

Adakah sesuatu yang bisa membuat proses download (file segede gajah) itu menyenangkan???

Sebelumnya saya pernah mencoba mendownload file installer dari FTP server, dan selalu gagal, segala FTP client yang pernah saya coba hasilnya sama saja, putus ditengah jalan ngga bisa diterusin lagi. (ada yang bisa ngasih saran software FTP client yang bagus & harus gratis? saya tunggu sarannya .)

Sementara ini saya menggunakan Opera untuk mendownload, karena ternyata browser satu ini punya fitur untuk FTP client, meski tanpa fasilitas akselerator tapi kalo putus bisa diresume lagi. Siplah.

donlot lagi

Demi mempercepat proses, 3 buah komputer di ruangan saya, dimanfaatkan semua. Dan ternyata berakibat seluruh bandwith internet di kantor tersedot semua 8-) (bahkan yang punya bagian I.T sempet naik ke ruangan saya untuk mengecek, karena katanya semua email jadi tidak bisa masuk ).

Dan ternyata perjuangan itu tidak sia-sia, meski proses download itu baru benar-benar selesai setelah kami mendownloadnya seharian fiuhhh….

Sekarang software Cad/Cam saya telah menggunakan release terbaru, dan file dari Mr.Expert itu berhasil saya buka.

Happy Ending .

18 thoughts on “Adakah Sesuatu yang Bisa Membuat Download Itu Menyenangkan??

  1. sabtu ini sengaja ngantor, niatnya untuk mendownload file2 yang lain, tutorial dll.
    Tapi ternyata belum tersedia.
    Ya sudah blogwalking, ama bales komentar yang masuk saja😀

  2. wah saya kalo donlot pake firefox tok,,ndak pake accelerator malahan. btw saya pake opera malah proses download na lama.. mungkin beda2 kali ya..

  3. # zoel chaniago :😦 terpaksa zoel, kalo ngga di donlot malah nambah repot. seneng banget kalo zoel mo ngebantuin😀

    # Mrs. Fortynine : masa sih Wi? yang saya donlot sopwer ori lho? (*curiga Siwi dapet darimana?:mrgreen: * )
    Iya pake Opera, terutama untuk donlot file dari ftp *Tosss*

    # ika : Kalo downloadnya bukan dari FTP, firefox bagus juga koq, tapi kalo urusannya FTP, firefox setau saya ngga bisa nerusin donlot yang terputus. cmiiw

    # indahjuli : hehehe iya mbak Injul, cuma sekarang lebih sering larak-lirik ke Flock atau Safari buat browsing, tapi untuk donlot tetep percaya ama Opera. Masuk hari Sabtu itu karena si boss yang minta, kalo mo donlot sabtu aja, biar yang lain ngga keganggu benwitnya😀

  4. waduh, memang merepotkan kalau mesti ngunduh file segedhe gajah, hiks, apalagi kalau konek netnya lelet, bener2 “musibah”, mas hari. ada browser tertentu yang punya fitur utk mempercepat proses download, misalnya netscape navigator atau flock. tapi aku sendiri belum mencoba keampuhannya. ndak pernah dapat kiriman file segedhe gajah, sih, hehehehe🙂

  5. # Rindu : ngedonlot file installer sopwer CAD ndu, ukuran filenya 600Mb, gimana ngga ngos2an 🙂

    # indra1082 : hehehe saya tau tuh yang dimaksud mas Indra,..tapi ngga mo nyoba, mending nyari aja di glodok:mrgreen:

    # gajahkurus : wah sudah di coba om Gajah, tapi kalo putus koneksi, ngga bisa nerusin lagi tapi mulai dari awal lagi, file yang sudah terdonlot direplace.
    btw, thank inputanya😀

    # nh18 : mendingan ngga ngerti pak, daripada malah puyeng:mrgreen:

    # Sawali Tuhusetya : saya sudah beberapa kali ngalami musibah itu pak, udah cape2 donlot berhari2, e filenya corrupt. Rasanya semua browser sudah sempet saya coba pak, termasuk Netscape, Flock & Safari atau Firefox, tapi yang bisa nerusin donlot dari posisi terakhir ternyata cuma Opera, yang lain mesti ngulang lagi dari awal (bayangkan jika donlot file 10Mb udah 9.9Mb terdonlot tapi putus..nyesek banget kan pak?)

  6. # Chic : mestinya sih bisa, tapi kalo donlotnya dari server FTP rada repot (saya pakai FDM -Free Download Manager-), lebih simple pakai Opera apalagi kalo file yang di donlot buanyak dan gede-gede.

  7. hihihi… perjuangan download n upload di sini emang bener2 yah… aku kalo mo donlot program ato apapun dlm bentuk gede juga ngepasin pas dah jam plg or pagi2 bgt… biar ga ngeganggu kegiatan lain apalagi kegiatan marketing… soalnya kalo ke warnet mah huhuhu makin parah pula (udah gitu musti bayar pula):mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s