Waduh!?!Tulisan Saya Di cop-pas


Dulu saya seringkali beranggapan kalo tulisan di blog saya ini ngga mungkin akan di copy-paste orang, karena tulisan saya toh alakadarnya dan ngga penting. Tapi ternyata saya salah.

Hari senin kemarin, setelah beberapa hari ‘bertapa’ tidak mengakses internet, pagi-pagi begitu saya tiba di kantor, hal yang pertama kali saya lakukan adalah membuka blog ini.

Ada sedikit kejutan karena mendapati dasbor yang sudah berubah. Dan kejutan itu bertambah saat saya membaca kolom “Taut kemari” di halaman pertama dasbor baru WP saya ini, ada sebuah tautan yang masuk(Tautannya paling atas & saya coret warna merah).

Iseng saja klik link tautan itu dan mendapati sebuah blog (baru -sepertinya-), dan postingan yang tertulis di situ adalah sebuah tulisan saya beberapa waktu lalu.

Saya pribadi tidak berkeberatan tulisan saya di copy-paste, malahan saya takjub & heran karena tulisan itu ternyata menarik minat orang lain untuk mengcopy dan paste di blognya😀 . (Tapi ngga usahlah saya sebutin nama blognya).

Ya sudah, ngga apa. Toh tulisan itu mungkin memang berguna & seandainya semakin banyak orang yang tau mungkin semakin bagus, lagipula toh postingan itu hanya disalin di blog saja, tidak dipakai untuk tujuan komersial. Kalo lantas tulisan itu di copy dan dikirim ke media cetak dan lantas dimuat, barulah saya mesti sewot😀 (kecuali honornya dibagi ke saya 50%:mrgreen: -ups, tapi apa ada ya media cetak mo nampung tulisan saya?😀 )

yang penting buat saya adalah Tetep Ngeblog!!!

* diposting langsung dari dasbor yang jarang sekali saya pakai-jadi harap maklum kalo gambar berantakan & alakadarnya

27 thoughts on “Waduh!?!Tulisan Saya Di cop-pas

  1. # itikkecil : waktu saya buka blog itu, ngga ada link kemari atau keterangan kalo itu tulisan diambil dari blog saya, saya juga bingung kenapa ada link masuk ke sini.
    Saya pribadi sih ngga keberatan koq. Malahan sedikit bangga tulisan saya ‘dihargai’ orang lain:mrgreen:

  2. # n0vri : Pantesan dulu banyak blogger pasang banner anti copy-paste ya mas? Saya sih sengaja ngga masang banner seperti itu karena saya kira saya ngga akan ngalami. Dulu awal2 ngeblog saya juga sering coppas tapi masih dengan nambahin nama penulisnya (kecuali kalo lupa:mrgreen: ).
    Btw, kalo tulisan mas N0vri sih top, -dan membangkitkan minat mengcopy- lha ini tulisan saya? kan alakadarnya gitu😀

  3. huhuh sy jadi tertarik apalagi judulnya soal indonesia…lagi seneng nih baca posting2 soa lindonesia. Dan soal masalah kamu, semoga ngak ngegangu rutinitas bloggng, ya…apalagi kamu udah tebrukti blogger handal orisini…weleh…weleh

  4. # uwiuw : tentu saja tidak mengganggu, justru saya ngerasa tulisan alakadarnya yang saya buat ternyata ‘dihargai’😀
    Hahaha terbukti alakadarnya maksudnya?:mrgreen: Tapi itu memang sudah niat saya, mending nulis alakadarnya tapi orisinal daripada bagus tapi nyontek/nyuri hasil karya orang.
    Thanks, keep blogging!!

  5. # hanggadamai : ya kalo kategori postingannya huebat2 sih harus dihargai sebagai karya cipta, tapi kalo postingan2 ngga mutu di blog saya ini ‘dicuri’ orang, sejauh ini saya ngerasa belum jadi masalah (malah saya masih bisa merasa seneng karena berarti posting saya ‘bagus’ huehehehe:mrgreen: )

  6. bener ..! berarti postingannya bagus. “yah minimal dianggap bagus lah ama yang meng-copy..🙂 ”

    tapi cukup disayangkan juga sih, klo masih ada pengcopy-an tanpa melakukan perujukan….

  7. Apa kabar mas Hari? Sykurlah kalau ide mas Hari diambil orang (sayangnya tanpa ijin ya) ah kadang memang orang tak tahu etika soal karya cipta. Salut karena sudah menyumbang gagasan untuk orang lain. dan saya kembali lagi ke WP karena multiply lagi diblokir. saya tulis beberapa refleksi baru d WP saya. he he ditengok ya mas! Berkah dalem!

  8. # jenderal : iya lihat sisi positifnya saja, lagipula kadang sebagai blogger (baru) kadang mungkin belum cukup PD nulis idenya sendiri, jadi -terpaksa nyuri- hasil karya orang, tapi yo ngga usah dilarang, semoga saja ke depannya dia bisa nulis asli karyanya sendiri (dan mudah2an lebih bagus) dari karya saya yang dicontek sekarang😀

    # FraterTelo : Wah-wah si anak ilang wis balik:mrgreen: ,
    saya sehat Ter, tapi lagi banyak kesibukan di kantor saat ini.
    Soal ide saya ‘yang diambil orang’ masih belum ada nilai koq Ter, jadi yowis ra popo😀 . ‘dicuri’ tapi saya juga ngga merasa kehilangan😀

    Kemarin yang di Multiply sebetulnya udah ngetik koment tapi karena ribet & internet bermasalah, maaf kalo batal komentar di sana, sekarng segera saya terbang ke WP sampeyan😀

  9. Hore…tulisan Mas Hari ada yang nyontek, berarti tulisan Mas Hari mengingspirasi orang lain🙂
    Ayo Mas makin rajin nulis, biar makin sering disambangi orang.

  10. # kucingkeren : Keren? masa sih?🙂 jadi malu… (kan tulisan saya masih alakadarnya)
    kalo sampe sekarang tulisan saya mo di copy-paste ngga ijin juga ngga apa sih, asal jangan dikomersilkan (eh tapi tulisan2 saya kan ngga komersil:mrgreen: ).

    # IndahJuli : iya betul, saya sebetulnya emang bersorak ‘Hore!!!’ pas tau tulisan saya dicontek.😀 -tapi soal menginspirasi? waduh ngga tau deh, mudah2an iya😀
    Yang pasti sih emang harus makin rajin nulis, dan soal disambangi orang atau engga,itu sih nomor dua, yang penting nulis lebih bagus dulu..(saya masih yakin kalo tulisan bagus & orisinal pasti banyak yang nyambangi, bener ngga?)

  11. # mercuryfalling : Iya mak tersanjung, ngga nyangka tulisan alakadarnya aja ada yang mau nyontek😀

    # trijokobs : iya mas, jujur emang lebih enak, lebih ksatria en jentelmen.

    # ayaelectro : hahaha..’prestasi’ yang membanggakan ya? karya kita dianggap bagus:mrgreen:

    # Romy : hihihi, di colong hasil karyanya koq pengen sih:mrgreen: , saran saya sih tetep ngeblog saja, mungkin suatu saat tulisannmu di curi orang juga😀

  12. Mas …
    Daku geram nih mas …
    Maap-maap aja ya …
    Hal ini sangat tidak layak untuk dikatakan sebagai blogger sejati …
    (apa susahnya sih cantumin sumber atau link ke blog yang kita rujuk …)

    (tetep geleng-geleng kepala …)
    Teng kyu mas …

  13. # nh18 : Emang mas, kalo ngerasa blogger sih mestinya malu, tapi untuk jadi blogger sejati toh butuh proses juga dari pemula dst. nah kalo yang coppas blogger bukan pemula itu memalukan sekali, tapi yang coppas tulisan saya blogger baru dan isi blognya baru satu ya tulisan saya itu, nah mesti gimana tuh?
    Ya sudahlah biarkan saja (untuk saat ini) siapa tau kelak di jadi blogger hebat.

    # jeunglala : iya lho mesti ati-ati jeung.😀

  14. Toh tulisan itu mungkin memang berguna & seandainya semakin banyak orang yang tau mungkin semakin bagus, lagipula toh postingan itu hanya disalin di blog saja, tidak dipakai untuk tujuan komersial.

    Ha, itu pilihan bijaksana dan bijak sini, paling ndak, ada yang mengagumi ya mas:mrgreen:

  15. hai mas,

    yang sabar aja. tulisan saya juga sering dikopipes tanpa ijin dan tanpa mencantumkan sumber. itu baru yang cuma kopipes di blog ya… belum lagi yang sampe nyebar ke milis-milis. udah susah lagi nge-tracenya tuh. yaah apa boleh buat yaaa… sebenernya kalo sumber dicantumin aja sih gak masalah. kayaknya ini nih tata krama blogging yang harus lebih banyak disosialisasikan antar blogger.

    salam kenal. blognya bagus dan anaknya lucu!😀

Tinggalkan Balasan

