Meng-capture Tampilan Pada Layar Menggunakan HandySnap


Saya seringkali membutuhkan gambar screenshot dari tampilan layar monitor (screen capture) untuk keperluan presentasi. Cara paling sederhana adalah menggunakan tombol Print Screen pada keyboard kemudian membuka aplikasi Paint bawaan Windows dan copy-paste serta editing sedikit di sana.

Betapa merepotkannya…

Googling sana-sini ternyata cukup banyak aplikasi untuk screen capture seperti itu, tapi aplikasi dengan fitur yang bagus kebanyakan shareware, boleh dicoba tetapi dengan batasan waktu tertentu yang umumnya 30 hari, jika ingin terus menggunakannya harus membayar sekian dolar untuk lisensinya.

HandySnapTapi saya pernah ngga sengaja ketemu applikasi screen capture dengan fitur cukup lumayan dan simple penggunaannya serta gratis, yaitu Wisepixel HandySnap 0.5.

Jika membuka website produsennya tersedia versi terbarunya, tapi saya tidak sarankan untuk mendownloadnya dari sana jika anda berminat menggunakan applikasi ini, karena versi terbaru itu sifatnya shareware. Walaupun terdapat beberapa penambahan fitur tapi toh itu hanya minor saja, jadi menurut saya versi gratisnya (versi 0.5) jauh lebih baik .

Lantas? Silakan Googling saja untuk mencari HandySnap versi 0.5, tapi kalo anda tidak menemukannya cara termudahnya adalah: kontak saya, akan saya email ke anda.

Update: Ternyata barusan saya ketemu link untuk download versi Freeware Terakhir HandySnap (versi 0.53) di sini. (lihat di bagian paling bawah).

OK, singkat saja dengan tool ini kegiatan menggambil gambar dari layar dapat dilakukan dengan mudah sesuai dengan kebutuhan. Fitur utama tentu saja untuk meng-capture sebagian dari layar (Capture a Rectangular Area), meng-capture sebuah window yang aktif (Capture A Window) serta meng-capture seluruh layar(Capture a Whole Screen).

Sedangkan fitur tambahannya adalah, menambahkan teks, menambahkan Sprite, Brush Tool, dan Draw a Line (Box & Elipse).

Hasil capture dapat di save ke dalam format BMP, JPEG, GIF, TIFF atau PNG Image.

HandySnap 2 Yang pasti dengan tool kecil ini pekerjaan saya meng-capture gambar untuk presentasi jadi lebih mudah.

One thought on “Meng-capture Tampilan Pada Layar Menggunakan HandySnap

  1. Ping-balik: New Album From My New Band « *hari-hari Hari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s