Saya Iri Dengan Soeharto..


soeharto_2Jujur saja sejak mantan presiden RI Soeharto sakit dan dirawat di RSPP, saya ngga begitu tertarik mengetahui apalagi mengikuti perkembangannya. Maaf saja kalau saya tidak seperti kebanyakan orang Indonesia yang lantas pada berdoa mengharapkan kesembuhan beliau.

Bahkan saya sebetulnya sama sekali ngga berminat menuliskan apapun perihal beliau dalam blog saya ini, tapi setelah sepanjang minggu seluruh stasiun TV dipenuhi dengan breaking news yang memantau perkembangan kondisi kesehatan beliau, saya tidak tahan juga untuk tetap diam saja.

Yang saya ingin ungkapan cuma satu, saya IRI.

Ya saya iri, sangat-sangat iri dengan beliau. Karena semua orang juga tahu biaya kesehatan di Indonesia sangat-sangat mahal, tapi untuk beliau yang -setau saya- berstatus sama seperti saya yaitu warga negara biasa, semua fasilitas nomor satu tersedia dan konon katanya biaya perawatan selama beliau dirawat sudah mencapai 750 juta. Dan yang mempuat saya bertambah iri semua itu ditanggung negara. (Berarti saya sebagai warga negara turut membiayai biaya rawat itu ).

IMG_1507(Saya masih sangat ingat, saat anak saya sakit keras dan sekarat, bukan pertolongan segera yang kami dapatkan, tapi justru biaya yang harus kami bayar dimuka yang dipersoalkan! dan itu tidak boleh ditunda sampai keesokkan harinya, harus hari itu juga jika ingin anak saya di tangani. Setelah negoisasi sedemikian alot di bagian pendaftaran satu-satunya bantuan yang mereka tawarkan adalah BPKB motor saya harus diserahkan sebagai jaminan.)

Sebagai orang kecil dan miskin, yang saya bisa lakukan hanyalah menghela nafas dalam-dalam sembari memaki (dalam hati),.. Bangsat!!!!!! Nyawa anak saya (dan mungkin jutaan orang miskin di negeri ini) sama sekali ngga ada artinya…

Tapi lihatlah,kondisi itu jelas berbeda total dengan perlakuan untuk beliau si mantan RI 1…

Dari TV saya mendengar kabar bahwa jantung dan paru-paru beliau sempat tidak berfungsi, dan tim dokter kepresidenan yang menangani segera melakukan tindakan tindakan terbaiknya untuk mempertahankan nyawa beliau.

Sebagai orang awam yang sama sekali tidak mengerti tentang kedokteran, setahu saya jika jantung dan paru-paru tidak berfungsi itu sama artinya dengan kondisi orang sudah meninggal.

Tapi beliau? Lihat dan dengar sajalah berita-beritanya di TV, radio atau di koran serta internet.

Saya sama sekali bermaksud mengatakan bahwa saya menginginkan pak Harto meninggal, sama sekali bukan, saya hanya rakyat biasa yang iri kenapa dulu, saat detak jantung anak saya menghilang begitu juga dengan nafasnya, dokter dengan sangat cepat mengatakan bahwa anak saya telah MENINGGAL. Dan semua itu tak membutuhkan waktu lama, kurang dari 5 menit keputusan itu segera keluar. Tak ada sesal sama sekali saat mengatakan itu kepada kami, seolah sudah sangat wajar jika anak kami meninggal.

Sekarang kondisi yang menurut saya sama, terjadi dengan bapak pembangunan Indonesia itu. Tapi perlakuan yang didapat bagai bumi & langit.

Apa yang membedakan? Karena beliau begitu besar jasanya selama 32 tahun?

Saya ngga pernah tahu..

Saya memang tak punya jasa apa-apa kepada negara ini, apalagi anak saya yang saat itu baru berusia 18 bulan…(tapi apa kami ngga layak untuk mendapatkan perawatan rumah sakit sebaik-baiknya?.?

Satu-satunya yang layak saya lakukan hanyalah iri dengan mantan presiden itu…(sambil memendam doa semoga saja kelak anak saya menjadi RI 1).

2 thoughts on “Saya Iri Dengan Soeharto..

  1. Amin … semoga doa mas Hari dikabulkan Tuhan ….
    Awalnya saya juga mau ikut mengomentari tentang sang Jenderal Besar mantan RI 1 itu, tapi tulisan Mas Hari sudah ikut mewakili keprihatinan saya. Btw, saya gak tahu lho kalau biaya pengobatan beliau di tanggung negara ? Cck…cck….

  2. #Bunda,
    Yang menangani beliau kan tim dokter kepresidenan walaupun beliau sudah mantan. Dan dari berita2 di TV semua biaya itu ditanggung pemerintah karena itu termasuk bagian dari fasilitas sebagai seorang mantan R1.

    Bener2 membuat saya iRI😦

Tinggalkan Balasan

