Blog Client


Ngeblog itu menyenangkan, apalagi menggunakan WordPress . Tapi untuk memposting jika langsung dari dasbor menurut saya cukup merepotkan, apalagi jika koneksi internetnya pas-pasan.

Menggunakan blogging tool seperti Deepest Sender, extension untuk browser Firefox cukup membantu tapi tetap saja kita harus terhubung lebih dulu ke internet.

Jika anda pengguna Microsoft Office 2007, saya pikir anda cukup beruntung karena Microsoft Word 2007 tersedia fitur blogging client. Dan tentu saja anda bisa menulis secara Offline dan mempublishnya saat terhubung ke intenet. Kekurangannya hanya satu, Microsoft Word jelas ngga gratislah kalo mahal sudah pasti .

Beruntungnya saya, sejak awal ngeblog menemukan tool (kebetulan tersedia di dalam CD majalah PC Media favorit saya) untuk ngeblog yang sesuai dengan selera, bisa digunakan secara Offline (karena koneksi internet saya 98% hanya saya peroleh saat di kantor) dan yang terpenting gratis..tis..tiss!!

ByteScout Post2Blog

Blog client yang saya gunakan sampai sekarang adalah Bytescout Post2Blog 3.01.

P2B1

Bytescout Post2Blog

Suer deh, cara menggunakannya gampang banget, sama mudahnya mengetik menggunakan Microsoft Word (support Rich Text) dan mendukung banyak account blog anda, tercatat terdapat lebih dari 30 macam account blog yang di support.

Account

Untuk pengaturan gambar atau foto pada postingan yang kita buat juga sangat gampang dilakukan, ngga perlu harus memahami sintak2 html.

Insert Image

Jadi hampir semua postingan yang saya buat saya tulis di rumah kapan saja setiap kali saya ingin menulis dan saya publish saat saya di kantor . (makanya saya jarang sekali memasukkan tulisan orang lain yang mungkin terkait dengan postingan saya mohon maklum saja ya…)

Ups maaf ya jadi promosi…padahal saya sama sekali ngga dibayar lho. Tapi mudah-mudahan saja kalo saya share begini akan jadi berguna juga buat teman-teman yang lain.

Update:

Dan blog client ini juga bisa dibuat versi potablenya juga, tapi mesti di instal lebih dulu, kemudian cari "Create Portable Version" dari Start Menu/Post2Blog/…

ni screen shootnya:

P2b Selanjutnya tinggal siapkan folder untuk menyimpan versi portable itu Ukurannya 21MB.

Jika ingin lebih portable lagi ya tinggal copy aja folder tadi ke flashdisk, dan happy blogging anywhere!!!

Update Lagi:

BlogDesk

Sekarang saya lagi coba Blog Client yang lain yaitu BlogDesk. Secara Fitur hampir sama dengan Post2Blog, tapi ada beberapa fitur yang tidak saya temui di BlogDesk ini yaitu pilihan Font dan Justify Align, hanya ada pilihan Right, Center dan Left Align. Tidak begitu penting tapi buat saya tulisan dengan setting Justify Align jauh lebih enak dilihat dan rapi.

Sedangkan untuk setting Insert Image cukup variatif dan lumayan banyak fiturnya, mulai dari setting size, Crop, Rotate & Flip, Shadow & Border, Color, dan Align in Text. Dan yang paling saya suka adalah Fitur Paper Tear pada Shadow & Border.

BlogDesk

Fitur Paper Tear pada Shadow dan Border

6 thoughts on “Blog Client

  1. Bisa, tapi versi fullnya mesti di install dulu baru dari sana dibuat versi portablenya,
    barusan di update postingannya.
    Thanks ya, udah ngingetin..

  2. Udah coba blogdesk, lagi girang karena kemudahannya dan gratis🙂 cuma yang cukup susahnya pas mau masukin tag, gak ada tempatnya😦 atau apa aku salah yah😕

  3. # bisaku,
    Sepertinya memang fitur itu ngga ada pak, selama ini saya konvert kategori menjadi tag dari dasbor. eh bener ngga sih maksud sampeyan itu? maaf kalo salah.

    barusan saya browsing Blog Client yang punya fitur tag adalah Blogjet tapi sayangnya ngga gratis.

Tinggalkan Balasan

