Good Bye to Blogspot…


Pertama kali kenal blog, yang saya pakai adalah bogspot, ngga ada alasan khusus kenapa menggunakan blogspot, satu-satu alasan saya rasa cuma karena link ke blogspot paling gampang di temukan dari google.

blog statSekian lama berada di blogspot koq rasanya saya seperti sendirian di tengah padang pasir, ngga ketemu siapapun. Sudah berusaha promosi sana-sini, tapi tetap saja terasa sepi, walaupun blog counter (yang mesti nyari-nyari juga untuk dapetin layanan ini) yang kupasang menunjukan ada penambahan setiap harinya, yang berarti ada pengunjung yang nyasar ke blogku, tapi siapakah mereka? Saya ngga pernah tau. (Satu-satunya pengunjung setia yang saya tahu sepertinya cuma "Nackhen" seorang teman chat dari Maluku- thanks ya itupu karena yang bersangkutan memberitahukan langsung ke sana via chat).

Parahnya lagi, setiap ada komentar masuk saya ngga bisa tahu sama sekali, apalagi jika itu postingan-postingan lama.

Selebihnya googling sana-sinipun susah sekali untuk menemukan blog bagus yang menggunakan blogspot, yang ketemu malah blog-blog wordpress. Apakah memang tak ada blog-blog blogspot yang layak dikunjungi saya juga ngga tau. Akhirnya iseng saya mencoba saja membuat account wordpress, awalnya sempet ragu karena sepintas ’tampilan’ di wordpress ngga se ngejreng blogspot. Jadi walaupun udah punya account wordpress tapi masih jarang di isi, paling-paling cuma dilihat fitur-fiturnya (yang waktu itu masih belum ngerti apa kegunaannya). Satu hal yang menarik minat waktu itu adalah, wordpress punya halaman khusus yang menyajikan 100 top postingan, 100 Blog terhangat dan teratas (BOTD) dari Indonesia sehingga terasa sekali bahwa blogosphere ini begitu ramai.

Belakangan saya baru tau juga kalau ternyata fitur di WordPress lebih asyik, diantaranya adalah:

  1. Dasbor, segala aktifitas ngeblog (berkomentar, komentar masuk, posting baru & edit posting, info-info hangat dari WP, serta blog teratas & blog yang tumbuh cepat plus posting terbaru di WP) terpampang jelas di sini. Jadi progres lebih lanjut dapat diteruskan dengan mengklik fitur-fitur lain yang lebih detil.
  2. Fitur statistik blog dimana pengunjung bisa terpantau, darimana mereka menemukan link ke blog kita, posting apa yang mereka lihat. Wah pokoknya seru abizz deh.
  3. Peselancar Tag, posting-posting terbaru dapat dihadirkan cukup dengan memasukkan tag-tag yang menarik minat kita dan dalam sekejap semua postingan disajikan langsung dalam dasboard.
  4. Peselancar Blog, dan blog-blog favoritpun dapat juga kita tambahkan dalam setting Peselancar Blog, sehingga setiap kali ada postingan terbaru otomatis akan langsung terpampang, ngga perlu lagi buka banyak tab browser.
  5. Komentar Saya, berguna buat yang sering Blogwalking dan ninggalin komentar di blog-blog yang dikunjungi, semua komentar itu dapat dilacak dengan mudah, sehingga sesama pengguna wordpress dapat berinteraksi.
  6. Komentar,dengan fitur ini semua komentar pengunjung yang masuk dapat dikelola, sehingga pemilik blog dapat segera merespon komentar-komentar itu.
  7. Fitur lainnya? SIlakan dicoba saja sendiri .

dasbor

Peselancar Tag

Peselancar Blog

Komentar

So…ngga ada lagi alasan untuk tetap bertahab di blogspot, dan sekaranglah saatnya untuk Say Good bye Blogspot….

2 thoughts on “Good Bye to Blogspot…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s