Mata Sinar


Ngga sengaja malam kamis ini aku nonton acara LA Indie Movie, baru kali ini aku nonton acara ini dan ternyata menonton filem indie menarik juga, salah satu filem yang ditayangkan dan dibahas malam ini adalah Mata Sinar.

Ceritanya sederhana, tentang seorang anak perempuan keturunan Tionghoa bernama Sinar yang ingin tampil menari Bali tapi kesulitan karena matanya sipit. Seperti kita semua tahu, tarian Bali itu ngga cuma gerakan tubuh tapi juga gerakan mata. Kebayang kan gimana susahnya memainkan mata dalam tari Bali dengan mata yang sipit? Dan itu yang membuat filem Indie ini menarik.

Ada adegan gimana Sinar begitu inginnya terpilih menjadi penari Legong Kraton, sehingga selain berlatih juga berusaha membuat matanya menjadi lebih belok dengan menggunakan jepit jemuran dan plester. Dan bukannya mata lebih belok yang didapat melainkan rasa sakit bahkan mengira matanya menjadi buta karena kebetulan saat kelopak matanya dijepit dan di plester itu kebetulan mati lampu.

Lantas ibunya mengatakan ini (kurang lebih):

"Sinar..mata kita memang ngga besar, tapi yang penting ada disini (menunjuk ke hati)" dan ditambah sepotong kalimat bijak yang sayangnya aku ngga sempet mencatatnya, tapi intinya menasehati Sinar agar tidak mempermasalahkan matanya yang sipit.

Sinar memang akhirnya tidak terpilih menjadi penari utama, tetapi dia tetap terpilih ikut menarikan tarian itu kalo ngga salah sebagai penari pendukung.

Terakhir, filem Mata Sinar diakhiri dengan kalimat ini:

"Memang bener, mata kita memang sipit tetapi yang penting pandangan kita luas."

***Cerita yang sederhana tapi tema yang diambil unik dan jadinya Menarik!

2 thoughts on “Mata Sinar

  1. Halo mbak, terima kasih sudah mau menonton film mata sinar. Salam Kenal ya aku Raymond sutradara dari film ini. Maaf kalo hasilnya kurang bagus, banyak kendala dalam prosesnya sehingga kami semua tidak bisa maksimal. kalo mau aku bisa kasih copy filmnya.

  2. # Raymond,
    walo ada banyak kendala menurut saya filem itu keren.
    Makasih udah berkunjung ke blog jelek ini, saya surprise yang berkomentar sutradara filem yang saya komentari🙂

    Boleh juga tuh tawaran copy filemnya, eniwei saya prefer dipanggil mas🙂
    tapi di maafkan koq karena manggil mbak.

    sekali lagi filem Mata Sinar keren. Terus berkarya ya.

Tinggalkan Balasan

