Kurasa Aku Juga Sudah Sesat!!!


Agama yang tertulis di KTPku Katolik. Ya sejak puluhan tahun lalu aku memutuskan memilih agama itu sebagai agama yang kuanut, yang lantas selalu kutulis di dalam kolom isian tentang agama dalam semua identitasku di buku rapor, ijazah, KTP, paspor dsb.

Sebagai pemeluk suatu agama tentunya memiliki kewajiban untuk beribadat, berdoa dll sesuai dengan agama yang dipeluknya. Tapi selama ini jangankan beribadah di gereja, berdoa saja aku sangat jarang. Tapi sejauh ini aku ngga pernah absen saat ibadah hari Raya seperti Paskah atau Natal. Just it!

Kalo dikaitkan dengan hebohnya ajaran sesat yang banyak bermunculan di Indonesia sekarang ini, Kurasa aku juga sudah tersesat. Menurut pemahamanku, sesat berarti menyimpang atau tidak sesuai, jadi ajaran sesat bisa berarti ajaran tersebut tidak sesuai atau menyimpang dari ajaran yang seharusnya.

Jika ajaran agama Katolik yang seharusnya mewajibkan pemeluknya untuk beribadah di gereja di hari minggu plus ritual doa lainnya, puasa dll. Sepertinya aku telah menyimpang karena tidak melakukan kewajiban itu (lebih sering karena Malas..), maka artinya aku juga tersesat….

Tapi untungnya aku tidak mencari pengikut atau menyebarkan ke orang lain.

(Seandainya aku menyebarkan kemalasanku beribadah ke orang lain dan mempunyai banyak pengikut mungkin aku bisa aja bernasib seperti Ahmad Mushadeg yang difatwakan sesat oleh dewan agama dan pemerintah lalu dilarang hidup di Indonesia….)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s