Mencoba Linux di Windows


Sejak dulu aku tertarik dengan penguin lucu bernama Linux, sayangnya aku jelas belum bisa ninggalin Windows. So demi memuaskan ketertarikan itu segala macem cara kucoba, minimal sekedar mencicipi saja.

Hari ini berbekal info dari sebuah tabloid komputer, ku download aplikasi kecil bernama UQemu di link ini, yang konon katanya bisa dipake untuk menjalankan Linux (Ubuntu) dari Windows.

Setelah selesai download, dan mengekstrak file UQemu (self extract jadi cukup dengan doble klik dan jelajah direktori linux iso berada) di Folder tempat aku biasa meletakkan koleksi Linux ISOku, dan selanjutnya mengklik file create-n-run.bat aku berhasil menjalankan Linux dari Windows. Dan ternyata ngga cuma untuk Ubuntu saja, aku bisa jalankan Linux freespire juga (tapi mungkin juga karena Linux ini masih turunan Ubuntu..)

Kira-kira langkahnya seperti ini,

Self Extract

Jalankan create-n-run.bat

Run

Dan tampilan selanjutnya seperti ini, kita harus dilakukan adalah cukup dengan menekan tombol Enter.

enter

Selanjutnya…, terdapat beberapa pilihan menarik yang bisa dipilih, aku pilih saja opsi kedua Run Freespire from CD, karena Qemu adalah aplikasi simulator maka kita dapat seolah-olah menjalankan Linux Live CD.

Freespire

Dan terakhir, aku dibikinterkagum-kagum dengan tampilan mewah Freespire….

Linux Freespire

(Sayang cuma bisa sekedar mencicipi…belum tau kapan bakal migrasi….)

*update:

Ternyata ngga cuma Linux Freespire saja, untuk Linux Mint juga bisa, tapi semua yang kucoba itu hanya sebatas menjalankan Linux saja bukan menginstallnya di Windows.

linux-mint1.jpg

 

5 thoughts on “Mencoba Linux di Windows

  1. # wenkul : ah cuma sekedar ingin tau saja, soalnya sampai sekarang blom bisa ninggalin windo**
    requirement sih sepertinya ngga terlalu tinggi koq. saat itu saya nyoba di komputer Pentium 4 2.4 Ghz, RAM 512.

Tinggalkan Balasan

