BYON Notebook


Awalnya sempet agak ragu saat ada temen yang kepegin beli notebook nanya ke aku tentang notebook merk BYON ini, tapi karena denger spek yang temenku itu bilang rasanya OK juga untuk dibeli, lagipula harganya pas, sesuai bujet yang dia punya.

BYON M3300

  • Proc Intel Core2Duo T7200
  • Memmory : 1GB + free 1GB
  • HDD: 120Gb
  • VGA: nVidia GeForce Go 7600
  • Display: 14.1 WXGA
  • Non OS

 

Minggu sore setelah Notebok BYON M3300 itu ditebus temenku seharga kurang lebih 10 jtan, dia langsung membawanya kerumahku minta tolong di isi dulu dengan windXP (sayangnya ba**kan -) ), yang penting bisa dipake dulu mas, katanya. Ok deh, buatku ngga masalah, cuek ajalah bukan punyaku ini...

Ngelihat tas bawaannya notebook itu, aku langsung tertarik, kasual & gaul banget, ngga seperti umumnya tas notebook merk lain, trus casingya juga ada cover yang bisa diganti-ganti gambarnya, meski ukurannya tebel dan sedikit agak berat tapi ngga masalah.

IMG_0144

Sebelum instal aku check CD & DVD driver bawaannya, ada beberapa dan sepertinya komplit walo agak ragu karena pernah ngalami sedikit trouble ama driver saat instal windXP di notebook ACER, tapi udahlah coba install dulu aja windXPya.

Setelah selesai dengan windXP, sekarang install driver. Kumasukkan DVD warna hitam bertuliskan BYON, Duo Driver DVD support XP & Vista.

Driver XP

Ternyata dalam keping DVD itu semua driver tersedia lengkap untuk XP ataupun Vista, ngga perlu download apapun, wuih asyik juga kalo semua notebook seperti ini. Jadi inget gimana repotnya dulu saat instal notebook Acer Aspire 5585WXMi, CD drivernya cuma untuk vista, dari websitenya juga kalo ngga tahu, ngga akan langsung bisa ketemu (susah).

Ternyata, bener pepatah, jangan menilai dari covernya saja. Menurutku notebook ini boleh juga….

 

 

108 thoughts on “BYON Notebook

  1. Anu je mas, kemarin lihat pameran komputer di JCC bisanya cuma ngiler saja.
    Apalagi setelah pulang dan mendapati beberapa huruf di keyboard desknote ECS nya pada mati karena kemarin kena air :cry:
    Axioo kayaknya lebih murah daripada BYON ya mas?

    • tolong solusinya dong….
      laptop saya BYON M31W S/S series.
      core 2 duo T5750 2.00 GHz
      RAM 2 giga
      VGA sismirage 3+ 256 MB
      chipset M672+968…..
      kenapa sewaktu main PES6 n Counter Strike Terlihat patah-patah dan lambat dan kadang2 Crash…. apa karena VGA-nya yang tidak mendukung ya? padahal komputer temen yang VGA VIA technology yang 64 MB bisa lancar main PES6-nya tolong dong Jawabannya

  2. Sebetulnya ada yang lebih mantab, notebook Forsa Carnaval (cuma lupa serinya, kemarin ada reviewnya di PCMedia). Speknya kurang lebih sama tapi VGA GeForce Go 8500 harganya itu, 8 jutaan..

    *Nambahin Merknya Forsa Carnaval FS 1636 dan sedikit ralat mestinya VGA nVidia Geforce 8400

  3. Saya pake Byon, baru 5 bulan, speakernya sudah rusak satu. Tepiannya yang pojok2 juga mudah retak, karena ketekan tangan saat ngetik. Gak tahu ya, apa ini hanya terjadi pada BYON saya, semoga saja demikian :)

  4. # Rendra:
    Kalo soal ‘kekuatan’ sebetulnya saya juga kadang agak kurang yakin dengan notebook2 ‘murah’ yang banyak beredar sekarang, saya sendiri pake Acer Aspire 5580 sempet mati sama sekali ngga bisa booting sepertinya gara-gara saya bawa-bawa naik motor mungkin tergoncang2 cukup keras (waktu itu baru sekitar 3 bulanan dipakai.)
    Kalo yang tahan banting sih sepertinya Toshiba, dikantor masih ada beberapa laptop toshiba jadul dan masih berfungsi baik. Cuma kalo Toshiba kan harganya ngga bisa dibilang murah.

    Mudah2an saja notebook BYON temen saya itu ngga senasib dengan BYON anda. :-)

  5. Saya sudah pakai BYON sejak 1 tahunan. Mungkin termasuk yang paling awal coba – coba laptop ini. Awalnya ragu juga untuk membeli BYON tapi melihat speknya dan diperbolehkan untuk uji coba software langsung jadi akhirnya terbeli juga laptop ini. Kebetulan waktu itu sedang pameran di JHCC akhir 2005.

    Saya beli BYON tipe 1620 dan sampei sekarang masih gress….bagus kinerjanya tahan banting dan kenceng. Sebetulnya di Indonesia belum ada yang bisa bikin laptop yang ada hanya perusahaan yang bikin merk laptop sendiri dengan membeli OEM laptop dari luar tanpa merk. Contohnya BYON, dia pakai barebonenya ASUS, AXIO pakai barebone CLEVO dan banyak lagi.

    Sekarang tergantung kita saja…. tinggal cek merek yang dijual berasal dari OEM mana…
    Gampangkan….

  6. Rendra, untuk masalah teknis dan warranty nya BYON saya rasa kamu bisa consultasi langsung ke orang Astrindo d. Astrindo adalah distributornya BYON. Kalo di forum chip, user “iamBYON” adalah perwakilannya, coba aja email ke sales@astrindo.co.id, mungkin ditanggapi di bagian sales dulu baru ke service. semoga bermanfaat. p.s. saya sendiri pakai m3300-t7200, mantap, kencang banget. Vista Indexnya 4.5 cui… paling tinggi di kantor ku.

  7. “…kencang banget. Vista Indexnya 4.5 cui… ”

    Bang Sutan…mo tanya nih :
    1) index 4.5 dari itu untuk posisi terndah yang mana?RAM?WIndows AERO?3D gaming?atau yang mana?terus yang digunakan vista 32bit ya?
    Bisa ditulisin lengkap ngga masing2 index yang diperoleh di masing2 field?

    2) memori VGA-nya bener2 pure dedicated 256mb atau ada sebagian ngambil dari RAM atau ngambil dari RAM semuanya?

    3) ada slot PCI-e ngga?kalo ada berarti ada kemungkinan bisa diganti dengan VGA card di pasaran dengan jenis tertentu pastinya (kemungkinan….)

    sorry nih nyusahin, penasaran banget sih, pengen cari reviewnya tapi ngga nemu :)

    thx bgt.. :-)

  8. Gw udah hampir 8 bulan pake M3300, ga ada masalah tuh. Karena pake NVidia 7600-256MB jadi buat game lumayan cepet. Kelemahan Byon gw pikir cuma di speakernya doang..Yg lainnya sama kok di bandingkan nb branded yg lain (yg setipe). Keunggulannya harga yg terjangkau dan bisa CBB. (ini yg ga ada di nb lain).

    So far gw puas banget..tapi nyesel juga sih knp ga belinya sekarang..denger2 M3300 lagi ada promo, gw dapet email dari temen gw dia malah di tawarin paket M3300 + Sennheiser PX200 cuma $ 1.090!! Gile..murah bangeeet!!!

  9. O’ya gw lupa.. Kan sekarang Astrindo bikin wadah buat pemilik notebook Byon.. Namanya BYON’ers.. Coba deh buat sob yg punya Byon langsung daftar aja, minta di kirim form pendaftarannya via email.. klo ga salah emailnya: ivan.r@astrindo.co.id

    Ikut Byon fans club jadi lebih mudah klo ada komplain2 sob, trus bisa lebih di perhatiin gitu…

  10. Sob Giri…

    sorry le jawabnya lama, lagi sibuuuukkkk… he he he
    gw sich sebenarnya da ganti ke BYON S1371 sich, yg M3300 di pake adek gw yg gila maen game… he he he biar dianya diam di kamar, kagak keluyuran (eh, koq malah curhat)

    indexnya yang lengkap kayak gini ni…
    Processor : 4.8
    RAM : 4.5
    Graphics : 4.5
    Gaming graphics : 4.5
    HDD : 4.5

    keren kan… pas tuch buat maen game, cuman kayaknya sudah ada penggantinnya d, BYON M30F, coba aja cari Indexnya

    untuk memory VGAnya, itu pure dari Nvidianya so buat maen game lancar tenan. makanya ade gw mau pake notebook BYON itu.

    Kalo untuk upgarde vga di type tsb, gw kurang jelas, gw sich yakin ke depannya bakalan bisa cos BYON kan standarisasi. Sob, kalo mau tanya2 di forum chip aja, ada repnya langsung koq, gw juga baru ikutan nimbrung tuch…

  11. Numpang tanya yach…

    Saya baru bli BYON M31F GS, puas bngt, tapi kecewa dengan CNP bawaannya. Di website gambarnya bagus, tapi yg saya dapat koq polos. Klo mau ganti CNP’a gmana ya mas? bli dimana, harganya sekitar berapa, dan bisa dipasang sendiri atau bagaimana. Mohon jawabannya ya. Thx before…

  12. saya sudah make byon 5 bulan,,,,tapi ada masalah sie pdhal sering tak bawa kesana sini naik mtor dan sering tak pake,,,ya mudah-mudahan aja laptop saya ini ada masalah,,,,,,,,,,,

  13. Mau tanya sputar Byon, saya cukup tertarik dng Byon M31f,,
    Stlh diliat vga-nya pake x3100..dng VGA sgitu maksimal bs maen game apa?
    Thx ats jwbannya..

  14. mav nih, numpang nanya, aq butuh laptop, tp g hrs bgs2x amat. osnya cuma pake linux, hdd 60 udh lbh dr ckp, ram 512 dah ok, plus wi-fi, ada slot PMCIA, odd nya dvdrom jg dah bgs. kira2x bwat brand BYON, cocoknya pke tipe apa ya?

    ———————————————

    *hari : silakan lihat di webnya byon http://www.byon.co.id

  15. Mau Tanya, Byon kalau mau install Ubuntu atau Linux yang lainnya susah nggak yah. Maksudnya untuk driver dsbnya

    ——————————–
    *hari : jujur saya belum pernah nyoba, tapi sepertinya sih ngga terlalu masalah deh untuk install Linux

  16. aneh je, di laptop BYON celeronku, tertulis M31W S/S, tapi aq liat di WEB BYON.CO.ID….

    M31W S/S spesifikasinya dual core?
    yang bener tu gmn to? atau saia salah dikasih barangnya atau gmn?

    ya klo engga, apa yg aq uda bayar, sama halnya q dapet barang yang tercantum di WEB. dual core gt, mayan lah…

    pliz help me ^^

  17. ada yg mo beli BYON saya? tipe M31W S/S HDD nya 160 Giga.baru satu bulan pake nih.ada..ada..ada?bagus ga ada masalah. cuma kok baterenya sering drop cepet bgt ya?padahal klo make lama batre di copot, cuma klo charging saya sering ketiduran smpe pagi.jadi bisa 8 jam lebih lah?ada cara supaya batere bisa tahan 3 jam mas/pak? settingan apa aja yg perlu spy batere awet?

  18. Gw barusan search ttg byon eh nemu blog ini. Asik juga nih klo pada ngumpul semua pengguna byon. Bro Atoey mending ambil yg S1371yg pake T8300..itu di tambahin 1gb ramnya dah makin maknyuuus jalannya..

    Cuma pa iya byon purna jualnya bagus?dan tahan lama?setau gw dia blom kasih tau lokasi perakitannya dimana euy..jangan-jangan sama spt di china, asal rakit aja di home production?

  19. dimana saya bisa dapatkan driver byon M3300 PN/C2D versi dvd-nya.
    cd saya punya, rusak

    —————————
    *hari : coba deh chek di webnya (www.byon.co.id) sepertinya driver2 bisa didownload di sana.

  20. mau tanya tentang byon M 31 F..
    itu bisa di pake main game ga??game yg gmn bisa??
    trus, mau nanya.. kata temen gw, byon itu cepet panas yah??
    bener ga??
    makasih yah.

    ——————————–

    *hari : mestinya sih bisa mas, hanya saja VGAnya sepertinya agak kurang mumpuni ya? tp seharusnya sih biarpun VGA onboard tp kalo untuk laptop harusnya masih lebih kenceng ketimbang yg dipakai untuk desktop.
    Soal cepet panas, sepertinya beberapa laptop yg lain juga seperti itu koq. Sepertinya sih ngga terlalu masalah. Sepanjang ngga sampai overheat.

  21. Saya pakai byon M1620 PN/D, performa sih oke-oke aja. tp speaker udah lama tak bisa di pakai. trus overheat banget…gimana yach cara mengatasinya ?

  22. gw beli byon T5850,,klo untuk dalamannya dah ok banget,,tapi kok touch nya ga lancar ya??
    pa semua notebook byon dengan seri T5850 seperti itu semua?pa punya saya bisa di garansikan???
    truz gmn cara instal W XP di byon Seri T5850??

    tolong jawabannya dikirim ke email saya : ndrageo@yahoo.co.id

    thanks…

  23. Ping-balik: History Of Lung Cancer

  24. Saya punya BYON seri M31W Core 2 Duo, kok rasanya ada yang aneh, suara fan kalo malem lumanyan menganggu, pernah saya bandingin dengan dengan beberapa merek, memang suara fannya agak keras, poritifnya jadi lebih dingin, ada ga ya solusi buat bikin fan lebih soft, menginggat setingan di BIOS tidak ada untuk Fan Control. makasih

  25. Saya Beli Byon W5231 tapi driver bawaannya untuk vista, setelah saya rubah ke windown xp saya kesulitan driver vga-nya, ada yang bisa bantu.

    • # Joko Hartadi : kalo pengalaman saya (pake merk lain), driver VGA itu bisa pake driver laptop merk apa saja asal VGAnya sama serinya. So coba cari teman yang punya laptop dengan VGA yang sama dengan anda. Kalo ngga dapet ya mesti googling solusinya :D

      Kalo saya, biasanya nyari di guru3d.com

  26. gw udh 1 th pke BYON M31W S/S.N slama itu g p’nah ad msalah.gw pke Vista Ultimate n brjalan lncar (g berat) bgt jg klo maen game.Wlaupn B|Y|O|N hrgany murah tapa trbukti g murahan.

  27. mas mau nanya, dimana bisa download driver byon m31f? saya beli bekas tapi tidak ada cd drivernya. sekarang saya kesusahan, soalnya cari yg murah sih… please kalo ada yg tau, atau ada yg punya bisa dikopikan trus hub email saya dong, rhudes@yahoo.com tar uang copynya diganti, tq

  28. saya pake byon m31w sudah 9 bulan ne procie masih dualcore tapi gak pernah ada masalah. cuman seh agak ribet kalo mo install linux karena chipsetnya pake SiS

  29. yang mo beli byon di mangga dua banyak tuh. hampir semua toko kompi di m2m jual byon ko… distronya Astrindo sama kayak Asus n Asrock so gak perlu ragu kl mo beli byon

  30. bagaimana cara mendownload byon driver, kalau tidak ada situsnya tlng informasikan dimana gw dapat membeli drivernya. sudah 6 bulan notebook gw gak dioperasikan!!!!!!!!!

  31. @ agus salim & Yustinus :
    umumnya BIOS Laptop & Desktop sekarang ini punya fitur untuk mematikan sistem saat prosesor mengalami overheat sebagai pengaman agar prosesor tidak terbakar. Masalahnya kenapa bisa prosesor mengalami overheat? yang pernah saya alami (pada desktop dan Laptop merk lain) sirkulasi udara pada casing tidak maksimal umumnya karena sekian lama penggunaan, casing penuh debu dan kotoran. setelah dibersihkan semuanya kembali normal.
    Namun harus di ingat, saat membersihkan berarti harus membongkar casing dan itu otomatis membuat garansi menjadi hilang, kalo laptop anda garansinya sudah habis silakan dicoba membersihkan debu2 di dalamnya.

    Untuk install windows 7, saya pikir bisa saja sepanjang driver2 yang diperlukan tersedia. kasusnya sama saja dengan komputer jaman dulu yg speknya sebenarnya ditujukan untuk windows 98 tapi di instali wind Xp. Kira2 bisa ndak? jawabnya tentu saja bisa tentunya dengan konsekuensi (mungkin) sedikit lemot performa XPnya.

  32. Kalo sy mau ambil yg seri M7451 G/M T3200. Menurut mas hari spek-nya gimana ? Apa sih keluhan utama pemakai Byon mas ? Pengin infonya dunk !

    • # Den Bagus-e : ya sesuaikan dengan kebutuhannya bro. Kalo saran saya sih coba bandingkan dengan merk lain yang harganya setara, kalo ada yg lebih tinggi speknya, ya ambil yang ngasih spek tertinggi.

      Kalo keluhannya sih bisa dilihat-lihat di koment yang masuk, kebanyakan sulit nyari driver karena website Byon kadang susah diakses.

  33. Saya baru beli Byon Queva w9121.. Tau bagaimana cara menjalankan kameranya? bis masih bingung di cd manualnya juga ga ada penjelasan. nanya ke BYON lewat imel..belom dibales s…

    baru make beberapa hari..puas sich..setidaknay soal panas, masih menang dari acer t..maren nyoba buka 5 jam nonstop..adem2 aja..punya adekku Acer baru bentaran dah panas…

    • # Diana Xu : untuk kamera, biasanya ada applikasi bawaan tapi seringkali ngga bisa dipakai :( (saya ngalami di laptop acer saya). Waktu itu kalo ngga salah saya coba pake add an imaging device dari Control panel//Scanner and cameras. trus ikuti saja langkah lanjutannya, pas sampe di bagian select manufacturer and model pilih Have Disk, trus arahkan ke direktory dimana driver anda diletakkan. Ikuti langkah itu sampai selesai.
      Kalo sukses, kamera bisa diakses dari My Computer / USB Video Device.

  34. hi…
    Sy baru aja beli Byon Queva, belum ada sebulan.
    tapi ada trobel, klo si notebook pake batre+adaptor dia ga mau nyala, pake adaptor aja juga ga mau nyala,
    terus klo pake batre aja dia mw nyala, tapi klo udah nyala terus adaptornya di colokin itu juga ga masalah kira-kira knapa ya???
    sebenernya gampang tinggal di bawa ke service centre, tapi masalahnya sy berada di Samarinda Kalimantan Timur, yang belum ada service Center Byon..
    sy ga berani bawa ke service center yg bukan byon.
    kira2 mesti gimana ya, apa barangnya sy balikin aja ke tokonya :p

    Thanks ya…

    • # jubaedah : wah maaf saya belum pernah ngalami kejadian begitu, jadi saya ngga bisa banyak membantu. Barangkali ada yang bisa bantuin teman kita jubaedah ini?
      yang bisa saya sarankan sih bawa lagi aja ke tokonya, setidaknya mungkin mereka bisa bantu.

    • # hasby : barusan saya buka bisa koq bro. Kalo saran saya, sebaiknya anda list hardware pada laptop anda, penglaman saya sih seringkali web produsen ngga komplet nyediain driver sehingga kadang saya harus googling dan download dari web lain.
      Seperti misalnya kasus yang paling gampang driver VGA, kalo anda googling ada banyak banget web yang nyediain driver itu, tinggal kita check di readmenya support engga untuk hardware yang kita punya.
      Jadi saat ini saya ngga selalu mengandalkan web dari produsen.

  35. Saya pake BYON udah tiga kali, awal 2007 pake 1621 celeron, awal 2008 pake 3311 dual core, dan medio 2009 pake 5231 Core Duo. Sejauh ini ndak bermasalah kok. Hanya yang terakhir ini batere nya cuman 4 cell jadi cepet abis…. udaj itu doang. yang lain-lain OK.

  36. aku punya laptop byon m3300, untuk bluetooh kok gak kedetek, apa lepas dari slotnya ya, soalnya aku belum pernah bongkar bongkar. minta sarannya donk cara bongkar byon m3300.trims

    • wah kalo awam sebaiknya jangan memaksakan diri membongkar laptop sendiri bro, salah-salah malah ada yang patah. Kalo masih garansi mending bawa ke service centernya aja.

  37. Saya memakai BYON M3300, akhir2 ini BYON saya sering mati2 sendiri, diawali dengan panas di casing bagian depan daerah trackpad. solusi sementara harus di beri kipas angin di dekatnya. Ini tentu mengganggu kerja saya. Sudah diberi notebook cooler tetap tidak bisa. Setelah panas sekitar 10-15 menit, notebook akan mati sendiri. Mohon penjelasan bila ada yang mengerti masalah saya. Bagaimana solusinya. Terima kasih.

  38. sory nich Boz,,
    mw nanya, untuk Byon tipe M31w S/S series versi 1.1, bisa menggunakan OS windows 7 ga yah, Ram’e dah 2 giga,,
    kla bisa make windows 7, ada link untuk download gratis drivernya gak yah,,,
    thanks be4..

  39. tolong temen2. Byon aq M31 mati kata servis mainboardnya rusak dan harus di ganti ,berapa harga mainboardnya ya?
    dan dari tempatku(Bojonegoro) jawatimur yang paling dekat di mana?

  40. Ping-balik: 2010 in review « *hari-hari Hari

  41. BYON emang cepet mati kalo mesin udah panas… bahaya.. saya pakai M3300, panas langsung mati.. menyebalkan emang.. akhirnya pindah ke asus UL30A.. sampai sekarang baik2 aja..

  42. mas sy pake byon m31f g/s cd driver semua hilang, nah sy uda cb download semua driver, sudah ketemu kecuali driver tuq wireless nya, mohon pencerahan nya dng untuk download driverwireless nyatq

  43. sy pake byon m31f g/s cd driver semua hilang, nah sy uda cb download semua driver, sudah ketemu kecuali driver tuq wireless nya, mohon pencerahan nya dng untuk download driver wireless nya tuq xp.tq
    dejavu_arha13@yahoo.com
    tlg bgt y

  44. kalo byon benar suatu industri yng di mliki negara indonesi saya ingin sekali bkerjasama…
    saya harap bisa mmbrikan alamt.
    trimksi

  45. BYON saya M8341…
    dual core,RAM 4gb,VGA onboard 1Gb,hardisk 500 gb…
    jika buat PES 6 kok lambat ya,Pes 12 mesti Crash,buat CS memori tidak cukup,dibawah 15 mb….
    cara mengatasi nya gi5na ??
    tolong solusinya….

  46. byon ane yang w5231. itu koq webcamnya pas pertengahan 2010 koq matian (sekarang mati total naamun kadang2 nyala lagi)? terus tadi malam (15/08/2013) suka nge hang pas main warcraft ama airstrike?

  47. byon ane yang w5231, baterenya cuma tahan 30 menitan. itu koq webcamnya pas pertengahan 2010 koq matian (sekarang mati total naamun kadang2 nyala lagi)? terus tadi malam (15/08/2013) suka nge hang pas main warcraft ama airstrike?

Berikan Balasan

